Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net

Minggu, 08 Juli 2012

Penyakit Hewan Bunuh 2,2 Juta Orang per Tahun

Penyakit dari hewan bunuh 2,2 juta orang per tahun


PENEMUAN - Baru-baru ini para ilmuwan mengadakan studi pemetaan global penyakit manusia yang berasal dari hewan. Misalnya, TBC, AIDS, flu burung, dan demam Rift Valley. Dikutip dari Reuters, 5 Juli 2012, ilmuwan menemukan setidaknya 13 penyakit yang ditularkan hewan, yang menimbulkan 2,4 miliar kasus penyakit manusia dan  menyebabkan kematian 2,2 juta jiwa per tahun di seluruh dunia.

Sebagian besar infeksi dan kematian biasanya terjadi di negara miskin atau berpenghasilan menengah. Meledaknya permintaan global untuk produk ternak membuat manusia lebih rentan terserang penyakit.

Peneliti juga menemukan bahwa Ethiopia, Nigeria, Tanzania, dan India paling rentan terjangkit zoonosis atau penyakit yang ditularkan hewan. Amerika Serikat, Eropa, dan sebagian negara Asia Tenggara menjadi sumber munculnya zoonosis yang telah menginfeksi manusia.

Laporan ini mempelajari apa yang disebut zoonosis endemik, yang telah menimbulkan sebagian besar penyakit dan kematian di negara miskin. Salah satu penyakit zoonosis adalah brucellosis, yang juga dikenal sebagai penyakit Bang atau demam Mediterania. Penyakit ini sangat menular dan biasanya berasal dari susu tidak steril atau daging hewan yang terinfeksi.

Para peneliti memperkirakan sekitar satu dari delapan ternak di negara-negara miskin sudah terjangkit brucellosis. Selain berbahaya, penyakit ini juga mengurangi sekitar 8 persen produksi susu dan daging sapi.

Konsumsi daging sangat penting bagi kesehatan tubuh. Namun, tak ada salahnya untuk mengurangi porsinya setiap hari. Hindari konsumsi daging berlebihan karena dapat mengancam kesehatan tubuh Anda!


SUMBER : MERDEKA.COM

0 komentar:

Posting Komentar